CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Wednesday, April 20, 2011

Baby T Sakit :(

Sebenarnya sudah sebulan ini Baby T batpil (batuk-pilek). Awalnya dia ketularan omanya yang lagi batpil juga, tapi setelah omanya sembuh, Baby T gak sembuh-sembuh juga. Sedih banget kalau ngeliat bayi sakit. Bayi kan belum bisa keluarin/sisih ingusnya sendiri. Jadi kadang kita cuma berharap aja tuh ingus yang kental keluar dengan sendirinya di ujung lubang hidung, jadi bisa kita ambil pakai cutton bud. Itu juga tiap ingusnya diambil pakai cutton bud, Baby T udah teriak-teriak kayak mau diapain aja.

Kadang pengen dibawa ke dokter, tapi gak tega anak sekecil itu udah dicekokin obat-obatan kimia. Akhirnya pakai cara alami aja, dijemur matahari pagi, tapi sialnya lagi, akhir-akhir ini kalau pagi biasanya udah mendung atau hujan gerimis.

Setelah pileknya udah agak sembuh, hari Minggu kemarin tiba-tiba Baby T batuk-batuk. Batuknya berdahak lagi! Duh...sedih banget kalau liat dia udah mulai batuk-batuk. Akhirnya beli jeruk Baby (Baby Orange), supaya Baby T dapet vitamin C untuk ngurangin batuknya itu. Tapi setelah minum sari Baby Orange, Baby T malah mencret-mencret. Belum lagi batuknya tambah parah. Tiap habis minum susu atau makan, pasti dimuntahin. Badannya juga jadi kurusan...Terakhir, badannya jadi agak hangat, mungkin batuk-batuknya udah jadi radang, akhirnya berakibat badan jadi hangat...hikz :(

Bener-bener gak bisa ditunda lagi. Kemarin malam langsung bawa ke dokter anak. Biasanya Baby T emang diimunisasi disini. Dan daya tahan Baby T memang cukup kuat. Terbukti, kalau habis diimunisasi badannya gak panas tinggi. Padahal kita pake imunisasi yang bikin badan panas lho! BCG dan DPT pertama malahan sama sekali gak panas. Yang kedua baru agak panas, itupun cuma sebentar. Untungnya dia gak terlalu rewel. Kata dokter, meski dikasih imunisasi yang berakibat badan jadi panas, tapi kalau daya tahan tubuhnya kuat, si anak bisa gak panas.

Sampe di dokter anak jam 7.15 pm. Udah banyak yang ngantri, meski si dokter belum datang. Setelah ditimbang, berat Baby T itu 7,1 kg. Padahal 2 bulan lalu beratnya 6,4 kg. Masa dalam 2 bulan beratnya cuma naik 700 gram? Padahal kata dokter, normalnya dalam 1 bulan paling sedikit beratnya naik 900 gram. Berdasarkan tabel dibawah ini, berarti beratnya Baby T kurang dong!


Umur
Berat (Gram)
Tinggi (Cm)
Standar
80% Standar
Standar
80% Standar
Lahir

0 - 1 Bulan

2 Bulan
3 Bulan
4 Bulan
5 Bulan
6 Bulan
7 Bulan
8 Bulan
9 Bulan
10 Bulan
11 Bulan
12 Bulan

3.400

4.300
5.000
5.700
6.300
6.900
7.400
8.000
8.400
8.900
9.300
9.600
9.900

2.700

3.400
4.000
4.500
5.000
5.500
5.900
6.300
6.000
7.100
7.400
7.700
7.900

50.5

55.0
58.0
60.0
62.5
64.5
66.0
67.5
69.0
70.5
72.0
73.5
74.5

40.5

43.5
46.0
48.0
49.5
51.0
52.5
54.0
55.5
56.5
57.5
58.5
60.0

1 tahun 3 Bulan

6 Bulan
9 Bulan

10.600

11.300
11.900

8.500

9.000
9.600

78.0

81.5
84.5

62.5

65.0
67.5

2 tahun 0 Bulan

3 Bulan
6 Bulan
9 Bulan

12.400

12.900
13.500
14.000

9.900

10.500
10.800
11.200

87.0

89.5
92.0
94.0

69.5

71.5
73.5
75.0

3 tahun 0 Bulan

3 Bulan
6 Bulan
9 Bulan

14.500

15.000
13.500
16.000

11.600

12.000
12.400
12.900

96.0

98.0
99.5
101.5

77.0

78.5
79.5
81.5

4 tahun 0 Bulan

3 Bulan
6 Bulan
9 Bulan

16.500

17.000
17.400
17.900

13.200

13.600
14.000
14.400

103.5

105.0
107.0
108.0

82.5



85.5
86.5
5 tahun 0 Bulan
18.400
14.700
109.0
87.0

Sumber : Direktorat Gizi, Departemen Kesehatan RI

Setelah diperiksa dokter, akhirnya disimpulkan untuk sementara Baby T kemungkinan mengalami alergi pada susu sapi. (Maaf ya sayang...mama gak bisa kasih ASI ke kamu, makanya kamu jadi begini! huaaaa....). Disarankan ganti susunya jadi Nu***lon Soya. Kalau dibiarin lama-lama batpilnya, bisa jadi kena Asma (oh noooooo!!!).. Terus malam itu Baby T diuap. Jadi ada alat namanya Nebulizer.


Nebulizer


Jadi cara pakainya begini :

Pertama dipakein alat ini, Baby T bingung-bingung gitu. Tapi gak berapa lama, Baby T langsung nangis teriak-teriak, sampe satu klinik heboh. Semua anak-anak dan orang tua disitu pada ngeliatin, bahkan ada anak-anak kecil yang penasaran semuanya pada ngelilingin Baby T. Buseeettt...kenceng banget nangisnya, meronta-ronta. Sampe-sampe takut kenapa-kenapa sama Baby T, takutnya dia step atau kehabisan suara atau gimana gitu. Pokoknya bener-bener deh! Sampe sedih ngeliat dia kayak begitu :(

Habis di uap pakai Nebulizer, jadi ilfil sama klinik ini! Setau aku maskernya cuma sekali pakai. Masalahnya kan alat ini dipakai massal oleh anak-anak yang sakit/mengalami masalah pernapasan. Kok sehabis dipakai, malah dicuci pakai air dan sabun cuci tangan biasa, bukan cairan antiseptik gitu. Cucinya yang ngasal gitu lagi, cuma disiram-siram pake air dari keran di wastafel, habis itu ditetesin sabun cuci tangan, terus airnya yang masih nempel dikebas-kebas, masukkin lagi deh di tempatnya. Dan semuanya itu gw liat sendiri pakai mata gw! Kenapa juga gak dicuci terus disiram pakai air panas atau cairan antiseptik gitu biar steril lagi! Apa emang prosedurnya begitu ya? Karena setau gw gak begitu! CMIIW...

Setelah itu, kita dikasih resep obat untuk sembuhin batpilnya. Ada 3 bungkus. Banyak banget obatnya! Duh...sedih banget liat bayi sekecil itu harus minum antibiotik sebanyak itu! Andaikan saja penyakitnya Baby T bisa ditransfer ke mamanya aja...gak apa-apa deh. Asal Baby T bisa sembuh dan gak harus minum obat-obatan sebanyak itu. Udah mana ngulek puyernya dan masukkin ke kertasnya gak pakai sarung tangan lagi! Dulu pernah liat apoteker-apoteker yang profesional, kalau racik obat-obat semacam puyer, dia pakai sarung tangan, pakai masker juga malahan! Masalahnya aku liat sendiri, yang ngeracik obat itu, pegang kertas lah, pegang pulpen lah, pegang ini itu, terus ngeracik obat lagi tanpa cuci tangan dan dia pegang bubuk obat itu.
Duh...gw bener-bener ilfil! Bukannya mau sok-sok higienis, tapi masa sih prosedurnya dibawah standar gitu? Besok-besok gak mau lagi bawa Baby T kesini deh!

GET WELL SOON MY LOVELY BABY!!!
LUV U SO MUCHOOO!!!

lagi sakit nih






..Be grateful if you can breastfeed your child, But please don't judge those who are not able to..

0 comments: