CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Tuesday, April 05, 2011

Si Kecil Pilih-pilih Makanan?

Si kecil tak suka sayur, atau menolak memakan menu bikinan Anda? Ini tandanya ia mulai pilih-pilih makanan. Simaklah cara-cara mengatasinya berikut ini:

Perilaku si kecil yang suka pilih-pilih makanan akan membuat nutrisi yang masuk ke tubuhnya kurang seimbang. Padahal ia masih butuh asupan gizi yang cukup untuk proses pertumbuhannya. Jangan keburu panik, ikuti kiat-kiat berikut ini.

1. Ajarkan sejak dini
Kenalkan mereka pada aneka makanan sejak dini. Makin dini Anda memperkenalkan aneka bahan makanan, makin baik bagi mereka. Saat mereka beranjak besar nanti, aneka bahan makanan yang telah diperkenalkan sejak dini itu akan terus dimakannya.

2. Jangan panik
Jangan terlalu fokus pada berbagai macam makanan yang tidak disukai si kecil. Justru cari tahulah apa yang paling ia sukai. Misalnya, ia tak suka wortel, tapi sangat menyukai jus stroberi. Maka Anda pun bisa mencampur jus stroberi dengan jus wortel, sehingga si kecil tetap bisa memakan wortel dalam bentuk jus.

3. Buat permainan
Jangan paksa anak memakan makanan yang ia tidak sukai. Cara kekerasan hanya akan membuat si kecil trauma. Buatlah suasana makan menjadi menyenangkan. Biarkan ia merasa seperti sedang bermain.

4. Jadi contoh
Jika ingin si kecil tidak pilih-pilih makanan, Anda pun harus menjadi contoh yang baik. Si kecil akan menjadikan pola makan Anda sebagai contoh baginya.

5. Jangan menyerah
Jangan cepat putus asa. Teruslah mencari cara kreatif yang membuat anak nyaman saat makan.

Selamat mencoba!

0 comments: