CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Wednesday, October 15, 2008

Pippi Longstocking

Pippi Longstocking...salah satu cerita favorit gw!
Waktu gw msh SMP, iseng2 pergi ke perpustakaan sekolah yg berdebu dan lapuk (hohoho).
Trs disana ada buku2 cerita bergambar, tentunya selain buku2 pelajaran yg tahun terbitnya udh tahun jebot :P

Nah..tiba2 gw liat ada nih buku..pas liat pertama kali lgsg merasa tertarik.
Baca-baca dikit...eh..nih buku ternyata gw sukaaa.. Gw pinjem tuh buku trs gw bawa dan baca di rumah deh.

Pengarangnya adalah Astrid Lindgren.
Buku ini menceritakan ttg anak perempuan dari seorang kapten kapal yg bernama Ephraim Longstocking. Nama panjang Pippi adalah Pippilotta Delicatessa Windowshade Mackrelmint Ephraimsdaughter Longstocking (Swedish: Pippilotta Viktualia Rullgardina Krusmynta Efraimsdotter Långstrump).
Pippi punya kekuatan luar biasa. Dia bisa mengangkat kudanya ( Little Old Man) hanya dengan satu tangan. Dia jg punya seekor monyet yg bernama Mr. Nilsson. Mereka hidup disebuah rumah tua yg dikasih nama Villa Villekulla. Pippi adalah anak perempuan kecil yang suka bertualang dengan berlayar di laut bersama ayahnya. Karena itu ayahnya membelikan rumah ini bagi Pippi agar Pippi mempunya kehidupan normal layaknya anak biasa.
Pippi punya tetangga yg hampir seumur dengan dia. Dua kakak beradik ini adalah tetangga Pippi. Nama mereka adalah Tommy dan Annika Settergren. Merekalah yg menemani Pippi bertualang.

Ada 3 seri buku Pippi Longstoking:
1945: Pippi Longstocking
1946: Pippi Goes on Board
1948: Pippi in the South Seas

Dan ada 3 buku bergambar original yg diterjemahkan dlm Bhs. Inggris:
1971: Pippi on the Run
1950: Pippi's After Christmas Party
2001: Pippi Longstocking in the Park

Wuiiih...cerita jadul bgt kan???
Tp mengikuti petualangan dari Pippi sungguh sangat mengasyikan loh!!!

Sayangnya buku itu udh gw balikin ke perpustakaan sekolah (ya iyalah...emg mau ditilep? hahaha...)